Your Adsense Link 728 X 15

Asmaul Husna (Al-Latif)

Posted by "Asmaul Husna" Thursday, May 16, 2013 8 comments

Kata Al Lathif  berasal dari akar kata la-tha-fa, yang bermakna lembut, halus, atau kecil. Az-Zajjaj, pakar bahasa Arab dalam tafsir Asma’ul Husna mengartikan Al-Lathif sebagai ul Husna mengartikan Al-Lathif sebagai “yang mencapai tujuannya dengan cara yang sangat tersembunyi atau tak terduga.”

Predikat Al Lathif  memang pantas disandang Allah, dan hanya Dia yang pantas menyandangnya. Setidak-tidaknya, ada tiga alasan mengapa Dia disebut Al Lathif :

Pertama, Dia melimpahkan karunia kepada hamba-hambaNya secara tersembunyi dan rahasia, tanpa diketahui oleh mereka. Ketika Dia menyatukan dua insan berlainan jenis dalam mahligai rumahtangga, tak seorang pun tahu dari mana datangnya cinta. Begitu halus, begitu lembut, sehingga orang yang dikaruniainya tak juga mengetahuinya. Demikian pula anugerah rizki yang lain, semua serba halus dan tersembunyi. Al-Ghazali memberi catatan khusus di sini, ketika ia menggambarkan betapa Maha Halusnya Allah. Ia mengangkat contoh janin, bagaimana Allah memelihara janin ibu dan melindunginya dalam tiga masa kegelapan, yaitu kegelapan dalam perut, kegelapan dalam rahim, dan kegelapan dalam selaput yang menutupi anak dalam rahim. Betapa Mahahalusnya Dia ketika memberi makan janin melalui pusar sampai ia lahir dan mengilhaminya menyusu kepada ibunya tanpa ada yang pernah mengajarinya. Gigi-gigi bayi ketika itu belum ditumbuhkan agar si Ibu tidak kesakitan ketika anaknya menyusu. Siapakah yang menahan tumbuhnya gigi bayi? Semuanya serba halus, lembut, dan nyaris tidak ada yang mengetahuinya.

Kedua, Dia menghamparkan alam raya ini untuk makhlukNya. Allah memberi kepada semua makhlukNya melebihi yang diminta. Kita tidak pernah minta hidup di dunia ini, tapi Dia menganugerahi kehidupan. Kita tidak pernah ingin dijadikan manusia, tapi Allah menakdirkan kita menjadi manusia. Kita tidak pernah minta bisa berbicara, tapi Allah mengaruniakan kepada kita kemampuan berbicara. Dia telah memberi sebelum diminta. Di sisi lain, Dia tidak pernah menuntut balas, juga tidak memberi beban melebihi kemampuan makhlukNya. Adakah yang lebih santun dari Dia?

Ketiga, Dia berkeinginan agar semua makhlukNya mendapatkan kemaslahatan dan kemudahan. Dia tidak ingin makhlukNya mendapati kesulitan. Al-Qur’an bertutur: “Allah menghendaki kemudahan bagi kalian, dan Dia tidak menghendaki kalian dalam kesulitan.”

Itulah sebabnya, Allah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana kehidupan dan memberi kemudahan kepada manusia untuk mendapatkannya. Allah melengkapi makhlukNya dengan berbagai indera, selain naluri yang bersifat alamiah. Khusus untuk manusia, Allah mengaruniakan akal pikiran dan hati nurani. Dua sarana yang dikaruniakan Allah itulah yang menjadikan manusia sebagai makhluk tertinggi.

8 comments:

Andi said...

Ketika Dia mempersatukan dua jenis pria di rumah ini, tidak ada yang tahu dari mana asalnya cinta itu. Begitu halus, begitu lembut, sehingga orang yang dia kenakan tidak mengetahuinya. Begitu pula hadiah rizky lainnya, semuanya serba lengkap dan tersembunyi.

Maaf, itu ada kata dua orang lelaki. A
Itu maksudnya apa??
apakah anda memang menyelewengkan??

Andi said...

Ketika Dia mempersatukan dua jenis pria di rumah ini, tidak ada yang tahu dari mana asalnya cinta itu. Begitu halus, begitu lembut, sehingga orang yang dia kenakan tidak mengetahuinya. Begitu pula hadiah rizky lainnya, semuanya serba lengkap dan tersembunyi.

Maaf, itu ada kata dua orang lelaki. A
Itu maksudnya apa??
apakah anda memang menyelewengkan??

Andi said...

Itu maksudnya 2 orang lelaki itu apa??

Varinia said...

Saya ga liat tuh kata kata " Ketika Dia mempersatukan dua jenis pria di rumah ini, tidak ada yang tahu dari mana asalnya cinta itu. Begitu halus, begitu lembut, sehingga orang yang dia kenakan tidak mengetahuinya"

Yg Saya liat ditulisan diatas


KetikaDia menyatukan dua insan berlainan jenis dalam mahligai rumahtangga, tak seorang pun tahu dari mana datangnya cinta. Begitu halus, begitu lembut, sehingga orang yang dikaruniainya tak juga mengetahuinya.

Unknown said...

Maha Besar Allah SWT Limpahkan Rahmat Hidayah dan InnayahMu kpd Keluarga kami,lunakkanlah hati anak kami,jadikanlah anak2 kami anak yg sholihah penurut dan berbhakti kpf orang tua dan berjalan di jalan yg benar dan Kau ridhoi Amiiin YRA.

Unknown said...

Apaan tuh ngga jelas kok ada kata 2 lelaki

Distributor HPAI said...

Bacanya pelan2 : dua insan berlainan jenis bukan 2 lelakk

Unknown said...

Baca yang bnar to jngan asal baca,dihhhh

Post a Comment

Popular Posts